Spiritual Creativity; Generator Ide

Melanjutkan apa yang ditulis pada blog http://apiqquantum.wordpress.com, pembahasan dibawah ini akan mengarah pada poin “generator ide”. Bagaimana sih sebenernya ide itu dapat muncul berdasarkan  SQ?

Nah sebelumnya kita lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa itu arti dari creativity dan spiritual itu sendiri…

Creativity adalah sebuah fenomena ketika seseorang berhasil membuat atau menciptakan sesuatu (dapat berupa produk, solusi, atau punataupun sebuah seni) yang pastinya harus mempunyai nilai yang berharga.Membahas mengenai sesutu hal ya baru, pastinya mmenghubungan pada sesuatu yang dibuat oleh manusia dan memberikan efek positif pada lingkungan sekitarnya. Creaitivity didasari pada beberapa aspek yang mendominasi terciptanya sebuah inovasi. Pada marketing, aspek-aspek yang berhubungan dengan kreativitas adalah 4p:

  • Process terlihat dari pendekatan-pendekatan apa saja yang digunakan oleh seseorang dalam proses pemikiran terhadap munculnya sebuah inovasi.
  • Product adalah sebuah hasil dari proses pemikiran tersebut dan produk dapat dijadikan sebuah tolak ukur kreatifitas yang dimiliki oleh seseorang.
  • People atau human adalah bagian terpenting dari munculnya sebuah kreaitvitas, biasanya semakin terbukanya pemikiran seseorang terhadap suatu hal yang baru dapat sangat membantu terciptanya sebuah kreatifitas.
  • Place adalah sebuah sarana pembantu seseorang untuk mendapatkan pencerahan terhadap sebuah ide dan inovasi. Contohnya, orang yang tinggal di jakarta membutuhkan usaha 2x lipat lebih besar untuk mendapatkan sebuah inovasi dibandingkan orang yang berada di US atau jepang, hal tersebut dapat terjadi karena fasilitas/teknologi yang ada di Indonesia kurang memadai. Jadi tempat dimana seseorang tinggal juga menjadi sebuah kebutuhan dasar seseorang untuk membuat sebuah ide dan inovasi.

Lalu kita beranjak pada definisi dari kata spiritual, spiritualitas adalah sebuah pengetahuan dan pertanyaan yang dasar yang selalu diajukan seseorang mengenai tujuan utama dari kehidupan atau secara singkatnya deepest values and meanings by which people live. Biasanya orang akan mengarah pada cara lain untuk menemukan jawaban kehidupan, dengan mengetahui asal dan permulaan bumi ini terbentuk, awal makhluk hidup terbentuk, dan bagaimana ruang angkasa dapat terbentuk. Lalu, setelah mendapatkan banyak opini dan sedikit realitas. Maka, praktisnya orang tersebut akan mencari jawabannya dengan berdoa, merenung, dan meditasi. Dengan melakukan tersebut, mereka berharap mendapatkan sebuah jawaban mengenai kehidupan. Hal ini yang mendasari seseorang untuk memeluk sebuah agama.

Lalu apa sih hubungannya antara spiritual dengan creativity?

Ternyata adalah looh hubungannya… Hubungannya adalah kreatifitas berfungsi sebagai spiritual practice.

Ketika kita merasa tersesat dan susah untuk mendapatkan sebuah kreasi, tampaknya kita belum mengerti benar bagaimana hubungan antara kedua kata tersebut. Karena secara spiritualitas, kita tercipta atas kreasi Tuhan yang menciptakan kita. Semua yang mengalir dalam tubuh kita merupakan hasil kreasi – hal ini yang mendasari pembahasan saya sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang selalu berkecamuk di benak masing-masing manusia. Kembali pada kreatifitas, banyak orang yang berkata “Saya tidak kreatif”, pada dasarnya pernyataan tersebut tidak pantas diucapkan. Harusnya manusia berfikir dengan benar yaitu otak manusia adalah perwakilan dari tubuh, emosi, pikiran, dan jiwa seseorang. Manusia harus bangga dan menggunakan ‘penghargaan yang luar biasa ini’ untuk menciptakan sesuatu dan memperbaiki kehidupan.

Nah berdasarkan pemikiran bahwa otak manusia adalah komponen utama pada tubuh manusia. Banyak ahli-ahli yang berkreasi menggunakan teknologi untuk mengkaji otak manusia. Beranjak dari sini lah Spiritual Intelligence (SQ) menjadi topik utama yang dibahas oleh para ahli. Menurut, Frances Vaughan (2002), Spiritual intelligence is concerned with the inner life of mind and spirit and its relationship to being in the world. Spiritual intelligence implies a capacity for a deep understanding of existential questions and insight into multiple levels of consciousness. Spiritual intelligence also implies awareness of spirit as the ground of being or as the creative life force of evolution.

Nah, sekarang sudah semakin jelaskan hubungan antara spiritual creativity. Jadi intinya dengan adalanya SQ, manusia selalu mencari dan berusaha menemukan sebuah jawaban atas segala pertanyaan. Beranjak dari itu, banyak penemu-penemu yang berhasil menemukan sesuatu. Balik lagi dengan pernyataan diatas penemuan=kreatifitas. Proses inilah yang mendasari datangnya sebuah ide atau dengan kata lain generator ide.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: